Beberapa Fungsi-Fungsi Dasar Di Visual Basic

Pada posting pertama saya ini, saya akan membahas sedikit fungsi-fungsi yang terdapat pada visual basic. okey tidak usah banyak basa-basi, langsung kita masuk ke intinya!


1. Ucase(n), berguna untuk memperbesar karakter n. Contoh; Ucase("saya"), maka karakter dalam kurung akan menjadi = "SAYA"
2. Lcase(n), berguna untuk memperkecil karakter n. Contoh; Lcase("SAYA"), maka karakter dalam kurung akan menjadi = "saya"
3.RTrim(n), berguna untuk menghapus karakter spasi n dari bagian kanan. Contoh; RTrim("saya "), maka karakter dalam kurung akan menjadi = "saya"
4.LTrim(n), berguna untuk menghapus karakter spasi n dari bagian kiri. Contoh; LTrim(" saya"), maka karakter dalam kurung akan menjadi = "saya"
5.Trim(n), berguna untuk menghapus karakter spasi n dari bagian kiri dan kanan. Contoh; Trim(" saya "), maka karakter dalam kurung akan menjadi = "saya"
6.Len(n), berguna untuk menghitung karakter n. Contoh; Len("A1B2C"), maka jumlah karakter dalam kurung berjumlah = 5
7.Space(n), berguna untuk membuat karakter spasi sebanyak n. Contoh; Space(5), maka karakter yang dibuat adalah = "     "
8.String(n, x), berguna untuk membuat karakter x sebanyak n. Contoh; String(3,4), maka karakter yang dibuat adalah = 444
9. If n > x then
    'aksi
    else
    'bukan aksi
    end if
    fungsi if merupakan fungsi yang menyatakan 2 situasi berbeda, contoh; jika saya sehat maka saya berkerja, jika tidak sehat maka, saya tidak berkerja.
jika contoh di atas dijabarkan dalam bentuk kode maka akan menjadi:

If saya sehat then
berkerja
else
tidak berkerja
end if

sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat!

Bagi Agan-Agan yang mempunyai sample virus
tolong di kirim ke e-mail saya di musaVB17@gmail.com

atau baca tentang Cara Menyisipkan File Pada E-Mail Yang Akan Dikirim Lewat G-Mail

Komentar