Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop


windows
Memang tidaklah menyenangkan jika komputer kita mulai lambat. Lambatnya komputer bisa disebabkan oleh 2 hal menurut saya, yaitu faktor Hardware dan Software. Untuk hardware dimungkinkan karena komponen hardware pada komputer yang sudah mulai rusak, sehingga memperlambat kinerja pada komputer dan untuk software dimungkinkan karena adanya virus pada komputer atau terlalu banyak program yang berjalan pada saat Start Up.

Okay, saya mempunyai beberapa tips untuk mempercepat kinerja komputer anda.
A. Hapus Junk Files
1. Buka Disk Cleanup
caranya klik start, lalu pada pencarian ketik disk cleanup, lalu klik disk cleanup pada hasil pencarian
1
2. Pilih Drive yang ingin di periksa
2
3. Tunggulah proses loading hingga selesai !
3
4. Pada tampilan yang muncul, silahkan anda tandai file-file yang ingin dibersihkan, lau klik OK
4
5. Klik Delete Files pada jendela konfirmasi
5
6. Tunggulah proses deleting hingga selesai
6

B. Optimalkan Penggunaan Beterai
1. Klik icon baterai pada taskbar, lalu pada tampilan yang muncul pada Options “Select a power plan”, anda tandai pada “Balanced”
a

C. Defrag Isi Harddisk Secara Teratur
1. Buka Disk Defragmenter
Caranya Klik Start, lalu ketikan Disk Defragmenter pada kotak pencarian, lalu klik Disk Defragmenter pada hasil pencarian
a1
2. Pada tampilan yang muncul, klik drive mana yang ingin di periksa, lalu klik tombol “Defragment disk”, tunggulah prosesnya hingga selesai.
a2

Sebagai tambah saja, rajin-rajinlah untuk memeriksa virus pada komputer anda dengan antivirus yang ada pada komputer anda dan selalulah untuk mengupdate antivirus yang ada pada komputermu. Saran saya gunakanlah 2 antivirus pada komputermu, antivirus lokal dan antivirus luar, sebagai contoh antivirus lokal seperti SmadAV, PCMAV, AnsAV dan antivirus luar seperti AVG, AVIRA, AVAST, Bitdefender, Kapersky.

Semoga Artikel kali ini bermanfaat Open-mouthed smile
Jangan lupa LIKE dan Tinggalkan sebuah komentarnya donkkk Smile

Komentar